Stats

03 Juli 2011

Ikut KB Hadiahnya Mobil Tata Nano

Ikut KB Hadiahnya Mobil Tata Nano

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

Your browser does not support iframes.



img
KB berhadiah mobil (BBC)Rajasthan, India, Ada banyak cara untuk mengatasi kepadatan penduduk di suatu negara. Jika di China ada larangan untuk punya lebih dari 1 anak, di India kebijakannya lebih menyenangkan karena setiap keluarga yang mau ikut KB bisa mendapat hadiah mobil.

Peserta program Keluarga Berencana (KB) yang berhak mendapat mobil wajib menggunakan metode kontrasepsi permanen, yakni sterilisasi baik vasektomi maupun tubektomi. Setiap peserta KB permanen berhak mendapat 1 kupon dan akan diundi tiap periode 6 bulan.

Hadiahnya memang bukan mobil mewah, hanya city car buatan lokal yakni Tata Nano yang harganya tak lebih dari Rp 30-an juta. Namun hadiah yang tersedia bukan hanya mobil melainkan juga ada TV berwarna 21 inchi, sepeda motor dan peralatan untuk masak.

"Target akseptor (peserta) KB permanen sebanyak 21 ribu orang/tahun telah gagal kami capai. Dengan cara ini, kami berharap bisa menarik 3.000 akseptor baru dalam 3 bulan ke depan," ungkap Pratap Singh Dutter, seorang pejabat kesehatan di Rajasthan, India seperti dikutip dari BBC, Minggu (3/7/2011).

Kampanye untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dengan cara-cara unik bukan kali ini saja dilakukan di India. Tahun 2009, Menteri Kesejahteraan Keluarga saat itu, Ghulam Nabi Azad juga menerapkan kebijakan unik yakni menggabungkan program KB dengan listrik masuk desa.

"Jika di desa-desa ada listrik, orang akan menonton TV sampai larut malam. Diharapkan orang-orang itu akan mengantuk dan langsung tidur, sehingga tidak sempat berpikir untuk membuat anak," ungkap Asad kala itu seperti dikutip dari Globalpost.com.

Saat ini India tidak punya banyak pilihan untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk yang cukup pesat. Organisasi kesehatan dunia atau WHO memperkirakan India yang saat ini dihuni 1,21 miliar jiwa akan menjadi negara terpadat di dunia pada tahun 2030, menggantikan China yang saat ini populasinya 1,34 miliar jiwa.

(up/ir)



View the Original article

0 komentar

Posting Komentar