Stats

04 Juli 2011

Komentari "Asin", Blogger Taiwan Dipenjara

Jakarta (ANTARA News) - Seorang wanita dilaporkan telah dijatuhi hukuman penjara selama 30 hari oleh pengadilan di Taiwan karena menulis di blog kulinernya bahwa sebuah restoran mie yang ia coba  rasa hidangannya terlalu asin.

Blogger itu, yang bernama Liu, dikabarkan seperti dikutip dari foxnews yang bersumber dari Taipei Times, mengunjungi sebuah restoran mie sapi Taichung pada tahun 2008 dan menulis di blognya bahwa hidangannya terlalu asin, dan tempatnya tidak bersih karena ditemukan kecoa dan sang pemiliknya adalah seorang "bully".

Pemilik restoran itu, yang dikenal dengan nama Yang, telah menelusuri mengenai ulasan yang diutarakan oleh pelanggan lainnya dan menuntut Liu karena menyebar fitnah.

Pengadilan wilayah Taichung menemukan bahwa komentar mengenai kecoa merupakan sebuah "narasi dari fakta" tetapi batas dari kritikannya terhadap restoran itu melampaui batas yang masuk akal karena ia hanya mencoba mie saja dan dua hidangan lainnya.

Ia dijatuhi hukuman 30 hari penahanan, dua tahun masa percobaan dan pengadilan memerintahkannya untuk membayar kompensasi sebesar 6.900 dolar kepada restoran itu setelah adanya sebuah inspeksi yang menemukan bahwa kondisinya bersih.

Liu, yang meminta maaf kepada restoran itu, diungkapkan oleh hakim bahwa ia tak dapat melakukan banding duna menolak keputusan itu.

Yang mengatakan bahwa ia berharap kasus itu akan memberinya sebuah pelajaran.

Huang Cheng-lee, seorang pengacara asal Taichung mengatakan bahwa bolgger yang memposting ulasan mengenai restoran harus ingat agar "benar, objektif dan adil" dan harus menampilkan foto guna mendukung komentar mereka.(*)
(yud)



View the Original article

0 komentar

Posting Komentar